Karya Tulis Jurnal Tuberkulosis Milier dan HIV-AIDS dengan Hepatitis yang diinduksi obat

Download Jurnal Disini

TB milier merupakan gangguan dari fokus infeksi tuberkulosis yang disebarkan secara hematogen. Gambaran bercak bercak-bercak yang biasa menyebar merata pada seluruh lapangan paru. Pemberian terapi OAT pada pasien TB dengan HIV perlu mendapat perhatian karena OAT sendiri dapat menyebabkan hepatitis yang diinduksi obat, dengan OAT dengan ARV harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi efek samping obat pada pasien. Telah menguji kembali kasus seorang laki-laki berusia 26 tahun dengan TB Milier-HIV dengan hepatitis yang diinduksi oleh obat di RSUP M Djamil Padang. Pasien dikonsulkan ke Pulmonologi dengan mata mata kuning dan urin seperti teh pekat setelah pemberian anti tuberkulosis selama 18 hari dan anti retroviral selama 4 hari. Pada pemeriksaan fisik ditemukan sklera yang ikterik, kandidiasis oral, hepatomegali. Dari pemeriksaan laboratorium didapatkan nilai SGPT 137 u / L dan SGOT 84 u / L, bilirubin urin (+), Ig M anti HAV negatif, HBsAg non reaktif, Anti HCV 0,09 (<1), rontgen thorak ditemukan kesan TB milier, USG Abdomen kesan hepatitis. Pada pasien dilakukan penghentian OAT kategori 1, kemudian diberikan terapi hepatoprotektor, streptomisin dan etambutol dengan desensitisasi pemberian INH dan rifampisin. Pasien kemudian terjadi perbaikan dan laboratoris setelah terapi desensitisasi.

Download Jurnal Disini

Incoming search terms:

  • hiv aids karya tulis quran pdf

Tags: